Analisis Potensi Bisnis dalam Rencana Penyusunan Business Plan Cinema Lover Community Sebagai Calon Rintisan Usaha Berbasis Brand Komunitas

Djati, Prasetyani Hadi (2018) Analisis Potensi Bisnis dalam Rencana Penyusunan Business Plan Cinema Lover Community Sebagai Calon Rintisan Usaha Berbasis Brand Komunitas. Technical Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat AKINDO Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Analisis Potensi Bisnis dalam Rencana Penyusunan Business Plan Cinema Lover Community Sebagai Calon Rintisan Usaha Berbasis Brand Komunitas)
PDF Laporan Kopertis (4).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan observasi lapangan dengan menggunakan metode studi kasus terhadap identifikasi potensi-potensi bisnis yang dimiliki oleh Cinema Lover Community (CLC). Sebagaimana namanya, CLC adalah sebuah komunitas yang konsen dengan film dan sekaligus menggunakan film sebagai media literasi. Khusus pada CLC literasi yang dilakukan konsen dengan isu-isu seputar Banyumas dengan target tidak hanya pada masyarakat Banyumas khususnya, melainkan juga masyarakat umum yang selama ini mempunyai persepsi kontra produktif terhadap identitas Banyumas. Penelitian ini sekaligus bertujuan untuk memotivasi CLC sebagai komunitas yang berjuang untuk membangun masyarakat dan image banyumas yang lebih positif, untuk berani berfikir untuk memandirikan diri mereka melalui inisiasi rintisan usaha berbasis brand komunitas. Komunitas, sebagai elemen kritis terhadap pemerintah, bersama-sama diwacanakan untuk berani melihat potensi bisnis mereka sebagai suatu solusi untuk mengatasi dua tantangan besar mereka; (1) relasi mereka dengan pemerintahan resmi yang seringkali tidak harmonis dan seringkali berhadapan vis-à-vis, dikarenakan posisi mereka yang seringkali menjadi tim advokasi masyarakat terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah. (2) masalah kemandirian komunitas terutama dalam hal kemandirian finansial mereka. Kemandirian finansial komunitas ini sangat berpengaruh dalam pengelolaan manajemen dan arah serta sustainbility idealisme perjuangan mereka. Kerangka business plan dipilih untuk memudahkan identifikasi elemen-elemen yang mesti dieksplorasi dari potensi-potensi bisnis CLC, dan sekaligus menjadi semacam guideline realistis bagi komunitas untuk segera memulai aksi ‘memandirikan diri’.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: sustainbility komunitas, brand komunitas dalam bisnis, business plan, kemandirian komunitas
Subjects: Komunikasi
Divisions: Public Relations
Depositing User: Mrs Lu'lu' Atuzzahroh
Date Deposited: 09 Apr 2023 11:51
Last Modified: 09 Apr 2023 11:51
URI: http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item