STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “GUDEG PINCUK MALIOBORO” UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK DALAM PERSAINGAN BISNIS KULINER DI MASA PANDEMI COVID-19

Marta Supriyatno, 21055543 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “GUDEG PINCUK MALIOBORO” UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK DALAM PERSAINGAN BISNIS KULINER DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul, Bab I, Bab II, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Pada tahun awal 2020 terjadi pandemi covid-19 di Indonesia yang berdampak hampir di semua sektor. Salah satunya pada sektor ekonomi yang bersinggungan langsung dengan sektor pariwisata yang menyebabkan penurunan wisatawan yang berkunjung ke kota Yogyakarta. Penjualan Gudeg Pincuk Malioboro ikut mengalami penurunan karena hal tersebut. Dibutuhkan strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk Gudeg Pincuk Malioboro dalam menghadapi persaingan bisnis kuliner di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) masalah komunikasi pemasaran yang dihadapi Gudeg Pincuk Malioboro, (2) strategi menghadapi masalah komunikasi pemasaran, dan (3) strategi komunikasi pemasaran Gudeg Pincuk Malioboro di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan penelitian secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah komunikasi pemasaran yang dihadapi Gudeg Pincuk Malioboro adalah promosi secara online yang belum dimanfaatkan dan dikelola secara optimal, strategi menghadapi masalah pemasaran dilakukan dengan bauran pemasaran yaitu produk/product, tempat/place, harga/price, promosi/promotion, karyawan/people dan strategi komunikasi pemasaran adalah iklan/advertising, promosi penjualan/sales promotion, pemasaran langsung/direct marketing, pameran/exhibitions, kemasan/packaging, word of mouth(WOM), elektonik marketing/e-marketing

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi pemasaran, Gudeg Pincuk Malioboro, daya saing produk, bisnis kuliner, pandemi Covid-19
Subjects: Komunikasi
Divisions: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Lu'lu' Atuzzahroh
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:58
Last Modified: 04 Sep 2023 03:58
URI: http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item