Produksi Desain dan Ilustrasi Buku Perdana Hymbi Nihon Press dengan Gaya Kawaii

Dhini Widyantika Ariesta, M.A., - (2020) Produksi Desain dan Ilustrasi Buku Perdana Hymbi Nihon Press dengan Gaya Kawaii. Project Report. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta.

[img] Text
Dhini PKM Produksi Desain dan Ilustrasi Buku Perdana Hymbi Nihon Press dengan Gaya Kawaii.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era globalisasi, banyak bahasa berbeda yang digunakan dalam komunikasi domestik dan internasional. Salah satu bahasa yang termasuk penting untuk dikuasai saat ini adalah bahasa Jepang. Negeri Bunga Sakura ini tidak hanya dikenal sebagai salah satu negara terkuat di dunia namun juga merupakan negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia (Kurniawan, 11 Desember, Februari 2020). Kebijakan migrasi, khususnya terkait masuknya tenaga kerja asing ke Jepang sebenarnya masih banyak dikaji, karena di sisi lain, pemerintah Jepang dibawah kepemimpinan Perdana Menteri Shinzo Abe masih menerapkan prinsip “no migrations”. Tingginya homogenitas pada masyarakat Jepang memunculkan kekhawatiran rusaknya tatanan sosial dan keharmonisan masyarakat Jepang meskipun secara ekonomi Jepang sebenarnya membutuhkan pekerja asing. Jepang sendiri mengalami penurunan populasi tenaga kerja usia produktif karena berbagai faktor, diantaranya tingkat kelahiran yang rendah serta tingkat kematian yang tinggi, terutama bunuh diri. Hymbi Nihon Press adalah penerbitan yang digagas oleh PT Hymbi Nusantara yang berkantor pusat di Jalan Bungur Blok ai31 8, Marga Sari, Tigaraksa Kecamatan Tangerang, Banten, 15720. Perusahaan Hymbi Nihon Nusantara adalah perusahaan yang didirikan di Indonesia pada bulan Oktober 2009. Perusahaan ini LPK YOSHIDA GOKKOU didirikan dengan tujuan untuk memberikan layanan pelatihan formal bahasa dan budaya Jepang serta pengiriman tenaga kerja potensial ke Jepang PT Hymbi Nihon Nusantara mempunyai kelebihan tersendiri. Selain sebagai fasilitas resmi pelatihan bahasa dan budaya Jepang, PT Hymbi Nihon Nusantara juga menjadi fasilitas pengiriman tenaga kerja potensial ke Jepang. Untuk mengakomodir keperluan edukasi calon tenaga kerja, terutama penyediaan bukau ajar, PT Hymbi Nihon Nusantara mendirikan Hymbi Nihon Press. Adanya kepentingan yang semakin besar terhadap Jepang, baik dalam hal budaya, peluang pekerjaan, atau komunikasi internasional, penyediaan buku ajar tentang Jepang sangatlah bermanfaat. Kehadiran bahasa Jepang sebagai bahasa yang penting untuk dikuasai dalam era globalisasi menekankan betapa pentingnya memiliki keterampilan bahasa ini dalam berbagai aspek kehidupan. Jepang adalah salah satu negara terkuat di dunia dengan perekonomian terbesar ketiga. Ini menunjukkan potensi peluang ekonomi dan karier yang ada untuk individu yang dapat berkomunikasi dalam bahasa Jepang. Tantangan yang ada dalam pembelajaran bahasa Jepang di era digital adalah dalam mencari sumber belajar yang baik, terutama bagi pemula. Hymbi Nihon Press berusaha mengatasi hal ini dengan menciptakan buku ajar untuk pelatihan bahasa dan kamus Jepang-Indonesia, yang dirancang dengan konsep dan ilustrasi kawaii khas Jepang. Hymbi Nihon Press memiliki tujuan memberikan wawasan tentang kehidupan sehari-hari, tata krama, dan budaya Jepang yang bisa membantu individu yang ingin 5 bekerja atau tinggal di Jepang untuk memahami lebih banyak tentang negara tersebut. Ini adalah langkah yang positif untuk mendukung masyarakat Indonesia yang tertarik pada program Hymbi Nihon sekaligus sebagai upaya mempromosikan pemahaman antarbudaya dan persahabatan antara Indonesia dan Jepang. Peluang inilah yang agaknya ditangkapSatoshi Fushiki dan Yogi Johannes ketika menulis dua buku perdana dari Hymbi Nihon Press yakni “Koleksi Percakapan Bahasa Jepang Praktis Sehari-hari 365” dan kamus bahasa Jepang “Kosa Kata Bahasa Jepang Sehari-hari 2345”. Adapaun konsep visual yang diusung dalam desain dua buku di atas adalah sengan mengusung ilustrasi kawaii . Secara visual, ilustrasi tersebut mengusung cute culture ala Jepang yang memiliki konsep yang jelas serta sangat cair untuk bisa memobilitasi atribut budaya, sosial, ekonomi dan lainnya yang dimiliki Jepang bahkan ketika difungsikan secara komplementer dalam pembelajaran bahasa. Budaya, seni, bahkan keseharian orang Jepang menjadi topik menarik dalam komodifikasi bahasa. Tentu saja penulisan dan pengemasan visual dari buku karya Satoshi Fushiki dan Yogi Johannes ini berpotensi mendatangkan banyak keuntungan bagi Jepang, baik dalam sektor budaya, ekonomi, pariwisata, dan lainnya. Ilustrasi kawaii dipilih karena secara gagasan turut menguatkan nation branding Jepang lewat citra positif yang bisa dinikmati secara global. Buku mereka menampilkan kesan Jepang yang kental, ringan, dan mudah dicerna oleh pembaca dari Indonesia. Spesifiknya, Hymbi Nihon Press ingin membidik orang-orang Indonesia yang tertarik mempelajari bahasa Jepang dan ingin pergi ke Jepang. Penguasana bahasa Jepang akan memudahkan orang Indonesia untuk menyelami budaya Jepang. Semakin banyak orang yang mempelajari bahasa, kebudayaan, bahkan bekerja di Jepang, semakin kuat pula paparan dari nation branding Jepang yang dilakukan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Humas > Media
Divisions: Advertising
Depositing User: Mrs Lu'lu' Atuzzahroh
Date Deposited: 21 Mar 2024 08:13
Last Modified: 21 Mar 2024 08:13
URI: http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item