Pola Komunikasi Proses Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Dan Kartu Identitas Anak Secara Offline Dan Online Di Mall Pelayanan Publik Kota Yogyakarta

Ernest Waskitha Heryuntana, K19055420 (2023) Pola Komunikasi Proses Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Dan Kartu Identitas Anak Secara Offline Dan Online Di Mall Pelayanan Publik Kota Yogyakarta. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta.

[img] Text
BAB I-II-V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bagaimana pola komunikasi proses pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Identitas Anak secara offline dan online di Mall Pelayanan Publik Kota Yogyakarta? Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui proses komunikasi pelayanan di Mall Pelayanan Publik Kota Yogyakarta dalam pelayanan proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Identitas Anak secara Online menggunakan aplikasi Jogja Smart Service atau secara Computer Mediated Communication. Offline datang di Mall Pelayanan Publik atau secara Face to Face. (2) Untuk mengetahui pola komunikasi Mall Pelayanan Publik Kota Yogyakarta dalam pelayanan proses pembuatan Kartu Tanda Pengenal dan Kartu Identitas Anak. (3) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pola komunikasi secara Linier, Interaksional, Transaksional dalam pelayanan proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Identitas Anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis dengan teknik pengumpulan data yang meliputi identifikasi permasalahan, pengumpulan data, wawancara, evaluasi, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini adalah proses pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Identitas Anak secara offline maupun online di Mall Pelayanan Publik Kota Yogyakarta. Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk membuat skripsi ini didasarkan pada hasil pendekatan dan wawancara yang penulis lakukan dengan karyawan Mall Pelayanan Publik, staff Dinas Kominfo, pemohon Kota Yogyakarta yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Identitas Anak, dan Wakil Walikota Yogyakarta. Hasil analisis menunjukan bahwa pola komunikasi di Mall Pelayanan Publik secara langsung atau face to face sudah berjalan dengan lancar dalam memberikan pelayanan publik. Pola komunikasi secara tidak langsung atau Computer Mediated Communication dengan menggunakan aplikasi online masih menghadapi beberapa kendala. Hal ini karena tidak terjadi kontak pribadi secara langsung. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pola komunikasi dalam proses pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Identitas Anak di Mall Pelayanan Publik Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: proses komunikasi, pola komunikasi, KTP, KIA, computer mediated communication
Subjects: Komunikasi
Divisions: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Lu'lu' Atuzzahroh
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:56
Last Modified: 08 Aug 2024 06:56
URI: http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item