Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Tamu Di Tara Hotel Yogyakarta

Christian Amboro Adi Nugroho, 23055652 (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Tamu Di Tara Hotel Yogyakarta. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta.

[img] Text
Christian Amboro Adi Nugroho_23055652.pdf

Download (636kB)

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan Kota Pariwisata, sehingga terdapat banyak hotel. Pada masa pandemi Covid-19 jumlah tamu mengalami penurunan yang signifikan. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat penurunan okupansi atau tingkat keterisian kamar hotel di DIY mencapai 20% pasca maraknya wabah corona jenis baru atau Covid-19. Terdapat lebih 14.744 pembatalan pemesanan kamar hotel di DIY antara bulan Februari sampai Maret 2020. Tara Hotel mengalami penurunan okupasi sebesar 40-60% selama pandemi Covid-19. Akibat penurunan okupasi, demi menarik minat tamu maka Tara Hotel menurunkan tarif kamar demi mempertahankan bisnis agar tetap berjalan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber penelitian ini adaalah sales dan marketing Tara Hotel serta tamu hotel berjumlah dua orang. Hasil penelitian ini strategi komunikasi pemasaran yang pertama kali diterapkan oleh Tara Hotel adalah periklanan (advertising) melalui media surat kabar, majalah (majalah bandara), radio (Delta FM), televisi. Serta menggunakan media sosial melalui Instagram, Tiktok, WA story. Kedua yaitu promosi penjualan (sales marketing) melalui promosi penjualan special package seperti graduation package, wedding package, prom night, birthday package, engagement package, table manner, arisan package. Ketiga yaitu hubungan masyarakat (public relations) Tara Hotel melakukan CSR (corporate social responsibility) ke Panti Asuhan Sayap Ibu, melakukan pembersihan Pantai Baros, melakukan pembersihan tempat ibadah di sekitar Tara Hotel. Keempat yaitu penjualan perorangan (personal selling) yaitu kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum, Dinas Koperasi, Dinas Tenaga Kerja, dan Dinas Pariwisata. Kelima yaitu penjualan langsung (direct selling) yakni penjualan langsung melalui digital marketing seperti Agoda, Traveloka, Booking.com.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi pemasaran, loyalitas tamu, hotel
Subjects: Komunikasi
Divisions: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Lu'lu' Atuzzahroh
Date Deposited: 06 May 2025 03:14
Last Modified: 06 May 2025 03:14
URI: http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item