Makna Pesan Iklan Im3 Versi “Dekatkan Jarak Nyatakan Silaturahmi“ Di Youtube (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Fakhrureza Fariardhany, 23055673 (2024) Makna Pesan Iklan Im3 Versi “Dekatkan Jarak Nyatakan Silaturahmi“ Di Youtube (Analisis Semiotika Roland Barthes). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta.

[img] Text
Fakhrureza Fariardany_23055673.pdf

Download (1MB)

Abstract

Iklan yang kreatif dianggap inovatif, original, tidak terduga, penuh makna, dan dapat mempengaruhi emosi audiens.terdapat kebiasaan menarik dari IM3 ketika bulan Ramadhan, dalam iklan IM3 versi “Dekatkan Jarak, Nyatakan Silaturahmi“ ini menunjukkan beberapa ekspresi atau perilaku yang tanpa disadari telah memiliki konotasi tertentu dalam kehidupan sehari-hari, Untuk memahami makna yang lebih mendalam dari iklan ini, dapat dilakukan dengan menganalisis tanda-tanda yang terdapat dalam iklan menggunakan pendekatan semiotik Roland Barthes. Pada Penelitian ini metode yang digunakan adalah Kualitatif. Pada penelitian ini data utama berupa iklan video yang diunduh dari Chanel Youtube resmi IM3 di YouTube, dengan judul “Dekatkan Jarak, Nyatakan Silaturahmi bersama Iqbaal Ramadhan & lagu terbaru Hindia "Setiap Waktu". Melalui analisis ini, kita dapat memahami bagaimana iklan dapat menggunakan elemen-elemen semiotika untuk memperkuat pesan dan menciptakan dampak yang kuat pada penontonnya. Iklan ini berhasil menggabungkan elemen-elemen visual, verbal, dan musik untuk menciptakan pesan yang kuat dan emosional tentang pentingnya komunikasi dan kedekatan dalam hubungan keluarga. Pesan iklan ini relevan dengan konteks sosial dan budaya, menunjukkan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam menjaga hubungan yang harmonis dan dekat, meskipun ada jarak fisik yang memisahkan. Sebagai kesimpulan, analisis semiotik terhadap iklan IM3 mengungkapkan integrasi elemen visual dan verbal yang bijaksana untuk menyampaikan pesan kuat tentang pentingnya komunikasi dan kedekatan keluarga walaupun adanya perbedaan generasi. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan efektivitas iklan tetapi juga memperkuat citra merek sebagai penyedia solusi yang mempertemukan orang. Dengan terus membangun strategi ini dan mengadopsi rekomendasi berikut, IM3 dapat lebih meningkatkan dampak kampanye iklan di masa depan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Makna Pesan, Roland Barthes, Semiotika
Subjects: Komunikasi
Divisions: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Lu'lu' Atuzzahroh
Date Deposited: 15 May 2025 07:36
Last Modified: 15 May 2025 07:36
URI: http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item