Komunikasi Digital Sebagai Alat Pendukung Bagi Mahasiswa Yang Bekerja: Perspektif Mahasiswa Di Yogyakarta

Nurlaila Safira, 21055452 (2025) Komunikasi Digital Sebagai Alat Pendukung Bagi Mahasiswa Yang Bekerja: Perspektif Mahasiswa Di Yogyakarta. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta.

[img] Text
NURLAILA SAFIRA 21055452.pdf

Download (805kB)

Abstract

Transformasi komunikasi di era digital telah memberikan pengaruh signifikan terhadap gaya hidup mahasiswa pekerja. Penelitian ini membahas bagaimana pengalaman mahasiswa yang bekerja memanfaatkan komunikasi digital untuk mendukung keseimbangan antara tugas akademik dan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman mahasiswa dalam memanfaatkan komunikasi digital untuk membantu tugas akademik dan pekerjaan sekaligus. Paradigma penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif fenomenologi, menggunakan wawancara mendalam dan observasi terhadap tiga mahasiswa yang aktif menggunakan platform digital seperti WhatsApp, Zoom Meet, Google Drive, dan e-learning kampus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komunikasi digital memiliki peran vital dalam mendukung aktivitas akademik dan profesional mahasiswa. Dalam konteks perkuliahan, media tersebut membantu dalam akses materi, fleksibilitas pembelajaran, dan komunikasi dengan dosen atau teman. Dalam pekerjaan, terutama freelance, media digital memudahkan koordinasi, pengelolaan jadwal, dan komunikasi profesional. Secara keseluruhan, media digital berfungsi sebagai alat strategis untuk menyeimbangkan kuliah dan kerja. Meski terdapat kendala teknis seperti gangguan jaringan atau miskomunikasi, hal ini dapat diatasi melalui manajemen waktu dan kemampuan komunikasi yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: komunikasi digital, mahasiswa pekerja, pembelajaran daring, keseimbangan peran, fenomenologi
Subjects: Komunikasi
Depositing User: Mrs Lu'lu' Atuzzahroh
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:35
Last Modified: 16 Sep 2025 02:35
URI: http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item