Adebya Nabilah, 22045610 (2025) Praktik Penulisan Brief Dan Caption Untuk Media Sosial Oleh Social Media Specialist Di Agensi Kotakmedia Indonesia, Yogyakarta. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta.
![]() |
Text
ADEBYA NABILAH_22045610.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam melakukan pemasaran digital dibutuhkan sebuah konten yang tidak hanya memiliki daya tarik dari segi visual namun juga memiliki kekuatan karakter. Peran seorang social media specialist dalam mengelola social media sangat penting untuk mengembangkan dan menjalankan strategi di media sosial. Karya ilmiah ini ditulis untuk mengetahui alur kerja divisi social media specialist dalam proses pembuatan brief dan caption di agensi Kotakmedia Indonesia. Pengumpulan data serta informasi dilakukan dengan melakukan wawancara dengan manager social media di Kotakmedia Indonesia, observasi selama kegiatan PKL berlangsung, dokumentasi, serta pengkajian sumber literatur terkait praktik penulisan brief dan caption. Dari kegiatan PKL yang dilaksanakan selama tiga bulan lebih, ditemukan adanya keterkaitan antara efektivitas penulisan brief dan caption dengan keberhasilan konten media sosial mencapai target engagement dan brand awareness. Brief yang dibuat dengan tahapan yang sesuai dapat memudahkan proses kerja kolaborasi tim kreatif sehingga menciptakan visual yang menarik. Didukung oleh caption yang dibuat sesuai dengan karakteristik brand mampu menarik audiens untuk melakukan interaksi dengan konten sehingga meningkatkan target engagement.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social media specialist, Brief, Caption, Engagement, Brand awareness |
Subjects: | Humas > Media Sosial |
Divisions: | Broadcasting Film |
Depositing User: | Mrs Lu'lu' Atuzzahroh |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 03:46 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 03:46 |
URI: | http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |