Alify Kezia Suroso, 2105549 (2025) Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Pelita Hati School Melalui Instagram (@Pelitahatischool) Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta.
|
Text
Alify Kenxia Suroso_21055493.pdf Download (973kB) |
Abstract
Media sosial adalah salah satu media yang memiliki ruang agar para penggunanya dapat berinteraksi, memperkenalkan diri, dan mempromosikan suatu jasa atau barang secara langsung maupun terjadwal. Menurut Van Dijk (2013), arti dari media sosial merupakan suatu program media yang memiliki titik fokus pada keberadaan dari pengguna. Di mana media ini memfasilitasi segala kegiatan mereka maupun dalam kesempatan berkolaborasi. Selain itu, media sosial juga dikatakan sebagai media yang dipakai oleh untuk upaya dalam menjadi sosial, mendapatkan jaringan sosial, di mana pengguna saling berbagi berita, pesan, foto, video, dan yang lainnya dengan sesama pengguna (V. Taprial dan P. Kanwar, 2012). Oleh karenanya, media sosial menjadi andalan masyarakat untuk bertukar informasi, memasarkan suatu jasa atau produk, dan tetap terhubung dengan sesama serta kondisi dunia. Media sosial dapat diakses dengan baik, apabila terdapat teknologi yang memadai. Pada era digital saat ini, mayoritas kegiatan masyarakat menggunakan dan memanfaatkan media sosial dengan tujuan masing-masing. Alasannya yaitu karena penggunaan dari media sosial yang tidak dibatasi latar belakang, serta perbedaan waktu dan tempat. Salah satu manfaat media sosial yaitu sebagai sarana dan wadah bagi para penggunanya untuk memperkenalkan dan memasarkan terkait suatu jasa atau produk kepada masyarakat luas. Adanya media sosial telah memudahkan masyarakat untuk melakukan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara offline maupun online. Di lingkup instansi pendidikan, media sosial sangat membantu dalam kegiatan publikasi dan pemasaran jasanya secara mudah, cepat, kapanpun, di manapun, serta mayoritas gratis. Masyarakat menjadikan media sosial sebagai wadah pemasaran terfavorit. Menurut data We Are Social & Meltwater, terdapat 5,04 miliar orang yang menggunakan media sosial di seluruh dunia per Januari 2024. Ini merupakan 62,3% dari total populasi manusia di dunia (8,08 miliar jiwa). Salah satu platform media sosial yang cukup digemari oleh masyarakat saat ini, khususnya anak-anak muda (generasi Z dan generasi Y), yaitu aplikasi bernama „Instagram‟ oleh Meta Platforms. Sesuai data Global Digital Report pada bulan April 2024, Instagram menduduki peringkat ketiga sebagai media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di dunia, yaitu sebanyak 2 miliar pengguna aktif. Indonesia menempati posisi keempat sebagai pengguna Instagram terbanyak, yaitu sebanyak 100,9 juta pengguna per awal tahun 2024. Instagram adalah jejaring media sosial yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya sebagai media pemasaran. Calon konsumen suatu jasa atau produk dapat melihat jasa atau barang yang ditawarkan melalui unggahan video atau foto pada akun Instagram (Rahmawati, 2017). Menurut Tungga (2018), Instagram adalah media sosial yang memberikan wadah bagi pengguna untuk saling berinteraksi dengan sesama pengguna serta menggunggah atau membagikan video dan foto akan aktivitas atau momen yang telah dialami. Beberapa hal tersebut menjadikan Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang dianggap efektif dan efisien untuk proses pemasaran atau memperkenalkan suatu jasa, barang, maupun karya kepada masyarakat luas. Pelita Hati School adalah salah satu instansi pendidikan yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai wadah dalam memasarkan jasanya. Sekolah ini dibangun sejak 2006. Lokasi Pelita Hati School berada di Jl. Koptu Berlian, no. 88A, Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Indonesia. Pelita Hati School adalah satu-satunya sekolah di Jember yang menggunakan Cambridge Curriculum dan diikuti dengan Kurikulum Merdeka. Tingkat pendidikan yang ada yaitu Preschool (Toodler, Playgroup, Kindergarten 1, Kindergarten 2), Primary, dan Lower Secondary. Pelita Hati School dikembangkan menjadi sekolah profesional yang berdedikasi pada peserta didiknya dengan memfasilitasi mereka untuk mencapai masa depan yang sukses; memaksimalkan potensinya; dan menanamkan kepribadian, akhlak, serta karakter yang baik. Salah satu cara Pelita Hati School memperkenalkan serta memasarkan jasanya yaitu melalui media sosial Instagram dengan nama akun @pelitahatischool. Terdapat berbagai macam unggahan berisi informasi yang informatif dan menarik. Beberapa contoh unggahannya yaitu video dan foto acara yang sedang diselenggarakan, seperti acara kelulusan, perayaan keagamaan, upacara hari besar, ulang tahun sekolah, field trip, dan pendatang yang berkunjung maupun ikut dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, informasi terkait sekolah seperti pemberitahuan hari libur sekolah, peringatan hari besar, kejadian besar yang terjadi di masyarakat, penerimaan siswa baru, diskon yang ada, prestasi para peserta didik, testimoni, minggu ujian, hari pengambilan rapot, acara-acara yang akan diselenggarakan, dan keunggulan sekolah.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media Sosial |
| Subjects: | Humas > Media Sosial |
| Divisions: | S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs Lu'lu' Atuzzahroh |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 06:43 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 06:43 |
| URI: | http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
