PERAN PENATA ARTISTIK DALAM PRODUKSI VIDEO CLIP STUDI PRAKTEK KARYA KREATIF VIDEO CLIP “SNACKERS – SEMUA PERGI DAN HILANG”

Rifky Aziz Pratama, 2017/BC-F/5178 (2020) PERAN PENATA ARTISTIK DALAM PRODUKSI VIDEO CLIP STUDI PRAKTEK KARYA KREATIF VIDEO CLIP “SNACKERS – SEMUA PERGI DAN HILANG”. Diploma thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI (STIKOM) YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover-abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Video klip atau video musik adalah sebuah film pendek atau video yang mendampingi alunan musik yang bertujuan untuk melakukan promosi dan pemasaran. Video clip memiliki bentuk atau karakter yang sama dengan komunikasi massa, dimana didalamnya, komunikasi berlangsung satu arah dari media televisi/internet kepada khalayak, komunikator dalam hal ini melibatkan banyak pihak yang terlibat dalam satu produksi pembuatan video clip dan distribusikan. Dalam pengambilan gambar, peran penata artistik harus kreatif dalam menciptakan tampilan dalam “frame”kamera untuk mendapatkan mood sesuai dengan suasana pada setiap adegan, karena yang ditampilkan pada setiap “frame” kamera adalah sebuah setting yang dibuat untuk membangun mood pemeran. Peran penulis sebagai penata artistik adalah melakukan koordinasi kepada departemen artistik agar melakukan tugas-tugas disetiap departemen sesuai dengan visi misi dan tidak melenceng dari konsep sutradara. Peran penata artistik juga dituntut untuk membangun mood penonton agar paham mengapa melakukan setting lokasi, properti, dan dekorasi seperti dalam video clip. Kata kunci :video clip, peran penata artistik, setting

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Penata Artistik
Video Klip
Divisions: Broadcasting Film
Depositing User: Mrs Lu'lu' Atuzzahroh
Date Deposited: 21 Sep 2020 06:23
Last Modified: 21 Sep 2020 06:23
URI: http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item