Media, Komunikasi dan Krisis Covid -19

Hardoyo, - (2020) Media, Komunikasi dan Krisis Covid -19. In: Daya Pikat Iklan Online Terhadap Masyarakat yang Membutuhkan Informasi Terkait Pandemik COVID-19 DI iNDONESIA ( Studi Kasus Video Iklan Layanan Masyarakat pada Youtube). Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, Semarang, pp. 88-116. ISBN 978-623-7488-76-7

[img]
Preview
Text
Buku Media Komunikasi dan krisis covid 19 Hardoyo 2020 PEER REVIEW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Internet menjadi salah satu media yang dibutuhkan untuk memenuhi anjuran pemerintah, khususnya terkait belajar dan bekerja dari rumah saat pandemik COVID-19. Internet dibutuhkan karena tidak terbatas ruang dan waktu, sebagai sumber informasi yang cepat, mudah dan praktis. Walaupun terpisah antarnegara atau kawasan, kita tetap bisa interaksi secara lansgung antarindividu atau kelompok. Salah satu website yang memiliki keuantungan besar dari bisnis internet adalah youtube yang berisi berbagai video, maupun melayani 2 miliar video per hari. Laman Youtube juga digunakan sebagai media informasi untuk iklan sosial atau Iklan Layanan Masyarakat terkait pandemik COVID 19. Video iklan Layanan Masyarakat dari tanggal 24 Januari-17 April 2020 sudah diunggah sebanyak 589 Video, jumlah view 0 sampai dengan 499 sebanyak 517 video, jumlah view 500 jumlah view 0 sampai 999 sebnayak 22 video, jumlah penonton lebih dari dari 1.000 view sebanyak 50 video. Video Iklan Layanan Masyarakat COVID 19 yang diunggah di laman Youtube merupakan media yang efektif dalam menyebarkan informasi terkait virus Corona kepada warganet, agar memiliki daya pikat bagi warganet. Video Iklan Layanan Masyarakat COVID-19 yang dibuat harus memiliki tampilan grafis yang menarik, jelas dan mudah dipahami, tampilan visual yang simpel dan tidak terlalu ramai pada setiap frame-nya, warna terlihat kontras, jelas dan konsisten serta penjelasan teks audio dengan latar ditambahkan sound effect soft music sehingga secara keseluruhan tampilan audio visula mudah dicerna secara cepat dan tepat.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Youtube, ILM, COVID-19, pengguna, media online
Subjects: COVID-19
Komunikasi
Divisions: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Lu'lu' Atuzzahroh
Date Deposited: 24 Feb 2021 10:02
Last Modified: 24 Feb 2021 10:18
URI: http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item