Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Museum Terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi Pada Museum Sonobudoyo Yogyakarta)

Vlayuvi Elestari, 20055458 (2024) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Museum Terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi Pada Museum Sonobudoyo Yogyakarta). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta.

[img] Text
Valyuvi Elestari 20055458.pdf

Download (914kB)

Abstract

Sebagai kota pariwisata yang berbasis sejarah dan kaya akan kebudayaan lokal, Yogyakarta mengembangkannya melalui berbagai cara, salah satunya melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas pelayanan dan fasilitas Museum Sonobudoyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan dan fasilitas museum terhadap kepuasan pengunjung Museum Sonobudoyo Yogyakarta, yang dilakukan dengan pendekatan studi kuantitatif. Dengan menggunakan sampel sejumlah 100 orang yang ditentukan melalui metode purposive dan accidental sampling, data dikumpulkan menggunakan seperangkat kuesioner dan diolah melalui analisis regresi linier berganda SPSS. Penelitian ini mengetahui variabel kualitas pelayanan dan fasilitas museum yang masing-masing (parsial) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung, juga kedua variabel berpengaruh secara bersama-sama (simultan) positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Adapun kualitas pelayanan dan fasilitas museum memberikan sumbangsih pengaruh sebesar 75,9%% terhadap kepuasan pengunjung, sedangkan 24,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar variabel penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, fasilitas museum, kepuasan pengunjung, Museum Sonobudoyo.
Subjects: Komunikasi
Divisions: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Lu'lu' Atuzzahroh
Date Deposited: 06 Mar 2025 03:26
Last Modified: 06 Mar 2025 03:26
URI: http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item