Ridho Rosyidin, 21055536 (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Oleh Pengelola Umbul Ponggok Melalui Instagram. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta.
![]() |
Text
Ridho Rosyidin_2105536.pdf Download (1MB) |
Abstract
Media sosial menjadi sarana penting dalam komunikasi pemasaran pariwisata. Umbul Ponggok di Klaten berhasil menarik minat wisatawan melalui promosi kreatif di Instagram. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram dapat mengukuhkan destinasi desa wisata Umbul Ponggok, Klaten, Jawa Tengah? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola Umbul Ponggok menerapkan strategi integrated marketing communication (IMC) melalui periklanan organik, promosi penjualan, hubungan masyarakat digital, dan direct marketing. Penerapan model AIDA terlihat pada konten visual underwater yang menarik perhatian(attention), caption naratif yang membangun minat(interest), testimoni yang menumbuhkan keinginan (desire), dan ajakan eksplisit yang mendorong tindakan(action). Strategi visual dan digital storytelling memperkuat citra Umbul Ponggok sebagai destinasi wisata digital dan meningkatkan engagement audiens.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Instagram, Pariwisata, Umbul Ponggok |
Subjects: | Humas > Media Sosial |
Divisions: | S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Lu'lu' Atuzzahroh |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:07 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:20 |
URI: | http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |