“Strategi Pemasaran Melalui Multi Kanal Oleh Agus Mulyadi Dalam Penjualan Buku Berjudul Sebuah Seni Untuk Memahami Kekasih” Di Indonesia”

Nurul Lathifa Isnasiah, 21055499 (2025) “Strategi Pemasaran Melalui Multi Kanal Oleh Agus Mulyadi Dalam Penjualan Buku Berjudul Sebuah Seni Untuk Memahami Kekasih” Di Indonesia”. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta.

[img] Text
Nurul Lathifa Isnasiah_21055499.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah berkembang pesat khususnya media sosial, Studi ini bertujuan untuk memahami masalah dalam penelitian, muncul dari perubahan besar di industri penerbitan yang disebabkan oleh digitalisasi dan berkurangnya peran toko buku fisik, terutama setelah pandemi Covid-19. Situasi ini memaksa penulis dan penerbit untuk terus berinovasi melalui strategi pemasaran yang lebih fleksibel. Agus Mulyadi, seorang penulis sekaligus tokoh di media sosial, menjadi contoh yang menarik karena mampu memasarkan bukunya berjudul ‘’Sebuah Seni untuk Memahami Kekasih’’. Dengan pendekatan menggunakan berbagai saluran. Agus Mulyadi tidak hanya bergantung pada jaringan penerbit atau toko buku besar, tetapi juga memanfaatkan media sosial pribadinya, blog, marketplace, serta komunitas para pembaca untuk memperluas cakupan pasar. Hal ini menunjukkan adanya pergeseran dari strategi pemasaran tradisional menuju pendekatan yang lebih terpadu, yang menggabungkan branding diri, pendekatan yang dipilih adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan pengamatan. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa strategi multi saluran yang diterapkan mencakup penguatan citra diri, penceritaan di media sosial, promosi langsung di marketplace, dan penggunaan konten visual yang menarik untuk menarik perhatian audiens. Strategi ini terbukti berhasil dalam meningkatkan visibilitas dan penjualan buku secara alami tanpa bergantung pada iklan berbayar dalam jumlah besar. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran yang berbasis pada kenalan pribadi dan multi saluran bisa menjadi pendekatan yang relevan serta efektif dalam dunia penerbitan buku di zaman digital.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, multikanal, penjualan buku, Agus Mulyadi, social media marketing
Subjects: Humas > Media Sosial
Divisions: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Lu'lu' Atuzzahroh
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:47
Last Modified: 20 Oct 2025 02:47
URI: http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item